Mobil Listrik Mahasiswa Swiss Pecahkan Rekor Dunia

Mobil Listrik Mahasiswa Swiss Pecahkan Rekor Dunia

Mahasiswa dari ETH Zurich dan Lucerne University berhasil memecahkan rekor dunia mobil balap listrik tercepat di dunia.

Mobil balap Formula bertenaga listrik hasil karya mereka tersebut berhasil mencatatkan rekor catatan akselerasi 0-100 kpj dalam 1,513 detik. Catatan ini diraih pada fase persiapan Formula Student yang diselenggarakan di Sirkuit Hockenheimring, Jerman, pada tanggal 8-14 Agustus 2016.

Mobil yang memiliki bobot hanya 168 kg tersebut mampu menghasilkan output 200 hp melalui sistem penggerak empat roda. Mobil Formula bertenaga listrik ini hanya membutuhkan lintasan sejauh 30 meter saja untuk dapat menyentuh kecepatan 100 kpj dari posisi diam. WOW!

BMW Student Formula 1

Formula Student Jerman ini diikuti oleh 115 tim dari 25 negara di seluruh dunia. Total terdapat lebih dari 40 mobil balap Formula bertenaga listrik yang ikut berkompetisi dalam event tersebut. Hasil penjurian tidak hanya ditentukan dari kecepatan yang dapat diraih mobil balap mereka saja, namu juga diperhitungkan tentang desain, biaya produksi, hingga potensi bisnisnya.

BMW Group telah mendukung kegiatan ini sejak tahun 2006 dan sejak tahun 2010 produsen mobil asal Jerman tersebut ikut mendukung tiga tim Formula student yaitu, municHMotorsport (Munich University), elbflorace (TU Dresden), dan AMZ Racing (ETH Zurich).