Mengenal Lebih Dekat Mercedes-AMG dan Brabus

Mengenal Lebih Dekat Mercedes-AMG dan Brabus

Pada 1967 tahun sebuah rumah modifikasi yang berlokasi di Affalterbach, Jerman berdiri dengan nama AMG Motorenbau und Entwicklungsgesellschaft mbH (AMG Engine Production and Development, Ltd). Rumah modifikasi ini didirikan oleh eks insinyur Mercedes yaitu Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher.

Nama AMG sendiri adalah akronim dari Aufrect, Melcher, dan Großaspach (kota kelahiran Aufrect. Karena banyaknya konsumen Mercedes yang datang untuk memodifikasi Mercedes mereka ke AMG, maka pada tahun 1993 Daimler-Benz secara resmi bekerjasama dengan AMG. Mobil pertama mereka adalah Mercedes-Benz C36 AMG tahun 1993.

Mercedes-AMG Brabus 2

Tahun 1999, Daimler membeli 51% saham AMG dan mengubah namanya menjadi Mercedes AMG. Tahun 2005 AMG menjual seluruh kepemilikannya kepada Mercedes dan sejak saat itulah Mercedes AMG menjadi rumah modifikasi resmi mobil-mobil Mercedes-Benz yang berafiliasi di bawah grup Daimler AG.

Sama halnya dengan AMG, Brabus juga rumah modifikasi asal Jerman yang spesialisasinya memang menggarap mobil-mobil Mercedes-Benz, Smart, dan Maybach. Tuner Mercedes-Benz terbesar setelah AMG itu didirikan oleh Klaus Brackman dan Bodo Buschmann di tahun 1977. Nama Brabus itu sendiri diambil dari kombinasi tiga huruf pertama mereka.

Mercedes-AMG Brabus 3

Fokus utama Brabus adalah meraih performa maksimum mesin yang tolak ukurnya dinilai dari tenaga dan torsi yang dihasilkannya. Jika seorang ingin membeli sebuah Mercedes-Benz dari Brabus, maka Brabus akan membelinya dari Mercedes dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan konsumen.

Tak hanya menawarkan peningkatan performa, Brabus juga bisa melakukan perubahan kosmetik sampai penggunaan material serat karbon. Tentu saja ini semua biasanya harus ditebus dengan harga yang sangat mahal.